budaya,  event,  komunitas,  wisata

Rakanan Giyanti (The Legend of Lengger Giyanti)

Acara “RAKANAN” (The Legend Of Lengger Giyanti) dilaksanakan pada tanggal 3 – 7 Oktober 2018 di Dusun Giyanti Desa Kadipaten Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo.

Sebenarnya acara ini rutin digelar setiap tahun,tapi ada yang beda di tahun ini karna di Acara Rakanan ini akan ada prosesi Wisuda Lengger, Tradisi Mesusi dan Pelatihan Pemandu Wisata yang tahun kemarin tidak diadakan.

Dalam acara Wisuda Lengger besok akan ada 25 calon penari lengger yang akan di Wisuda. Sebelum diwisuda 25 penari lengger ini akan diberikan pembekalan dan pelatihan secara singkat baik teoritis maupun praktek.

Setelah Pembekalan para penari melakukan tirakat/prihatin selama tiga hari menjelang pelaksaan wisuda (puasa mutih). Dan pada acara puncak para calon wisudawan melaksanakan Simpuh Lengger atau mengikuti rangkaian acara Rakanan mulai dari Ziarah Makam Leluhur, Kirab Tenong dan mendoakan para leluhur sambil duduk simpuh dengan hikmad.

Selanjutnya para calon wisudawan akan melakukan jamasan ( mandi/siram jamas) di pertemuan 2 aliran sungai Tumpuk/Tempuran Silengsar, sebagai resik sesuci diri agar bersih lahir dan batin.

Selesai melakukan Jamas akan dilakukan Larung Sejaji yaitu prosesi melarung/menghanyutkan 1 butir telur ayam kampung ke sungai dengan harapan para lengger akan terus berkembang dan membawa kemanfaatan bagi sesama.

Setelah rangkaian ritual dilaksanakan baru para wisudawan melakukan prosesi Wisuda dan membaca ikrar CATUR DHARMA LENGGER.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *